Pemprov Jabar Tandatangani LoI Dengan Wallonia Region - Belgia

 

Tanggal Posting : 17 Mar 2016 02:35 Wib | Dibaca : | Kategori : Berita Umum | Penulis : Admin BPMPT


BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menandatangani Letter of Intent (Pernyataan Kehendak) dengan Wallonia Region  pada Kamis (17/03/16), di Aula Barat Gedung Sate – Bandung disaksikan langsung oleh YM. Putri Astrid dari Belgia sebagai representasi dari Kerajaan Belgia dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. Wallonia Region ini membawahi lima provinsi yaitu Hainaut, Brabant Wallonia, Namur, Liege dan Luxemburg.  

LoI ini akan fokus kepada inisiasi kerja sama di bidang Pendidikan, Ekonomi dan Perdagangan, Kesehatan, Perlindungan Lingkungan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam kerangka pengembangan kapasitas teknis, manajemen pemerintahan, promosi potensi daerah dan peningkatan kerja sama bisnis dan investasi.

Letter of Intent ditandatangani pada acara pembukaan Seminar “Innovating Partnership” yang fokus kepada pembahasan mengenai skema-skema kemitraan yang inovatif dan efisien sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan globalisasi. Pada seminar ini, masing-masing daerah akan mempresentasikan potensi unggulan dan kebutuhan masing-masing sehingga akan lebih mudah untuk memetakan program/kegiatan kerja sama yang strategis.

Penandatanganan LoI ini adalah merupakan rangkaian dari kunjungan Belgian Economic Mission ke Indonesia yang dilaksanakan dari 12-19 Maret 2016 dengan tujuan DKI Jakarta, Kota Bogor, Kota Bandung, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bekasi. Ini adalah ketiga kalinya Belgian Economic Mission mengunjungi Jawa Barat.

Tujuan kunjungan ini adalah untuk meningkatkan hubungan kerja sama ekonomi bilateral dengan meningkatkan volume eksport, import dan investasi dari dan ke Indonesia.

Kunjungan ini melibatkan 7 (tujuh) pejabat tinggi negara termasuk Menteri Luar Negeri, Menteri Perdagangan dan pejabat daerah beserta 250 orang pengusaha dan entitas bisnis dari Kingdom of Belgium yang bergerak di berbagai bidang usaha. Delegasi ini dipimpin oleh Her Royal Highness Princess Astrid of Belgium.

Untuk menindaklanjuti Letter of Intent ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menunjuk Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama sebagai penghubung. Adapun pemerintah Wallonia Region telah menunjuk The Wallonia Export-Investment Agency (AWEx) sebagai penanggung jawab kerja sama tersebut. Akan tetapi, meskipun kerja sama ini adalah government to government engagement, diharapkan peran serta entitas bisnis untuk dapat mendorong dan berkontribusi positif terhadap kerjasama yang telah diinisiasi pemerintah kedua daerah. 

Belgia sudah menjadi mitra strategis bagi Indonesia, dan di Jawa Barat sendiri sudah banyak investor Belgia yang melakukan usahanya terutama di sektor logam, mesin dan elektronik serta industri tekstil. Selain perdagangan dan investasi, ke depan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tentunya berharap kerja sama bisa berkembang ke sektor lainnya seperti bidang pariwisata, pendidikan, penelitian dan pengembangan infrastruktur (pelabuhan dan pembangkit listrik), dimana dalam hal ini wilayah di Belgia memiliki keunggulan dalam bidang tersebut. 

 

BIRO OTONOMI DAERAH DAN KERJASAMA

&

HUMAS PEMPROV JABAR 


Post Terkait