Program SiKerTas, Kepala Dinas PMPTSP Jabar: Peluang Besar UMK Jabar bertemu Mitra Bisnis

 

Tanggal Posting : 03 Nov 2023 15:36 Wib | Dibaca : | Kategori : Berita Umum | Penulis : Humas


DPMPTSP- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu menggelar webinar Kemitraan Investasi Usaha Besar Dengan Usaha Mikro Kecil (UMK) di Jawa Barat pada Jum’at (3/11/2023).

Dalam arahan nya, Kepala Dinas PMPTSP Provinsi Jawa Barat Nining Yuliastiani mengatakan bahwa UMK di Jawa Barat memiliki potensi yang sangat besar. Sementara itu, berdasarkan data profil industri Mikro dan Kecil Tahun 2020 dari BPS mengatakan hanya 0,93 % dari 625 ribu UMK di Jabar yang menjalani kemitraan.  

“Untuk dapat memakasimalkan potensi UMK yang ada di Jawa Barat, kita mesti melakukan pendekatan yang masif. Kita sedang berusaha membuat sesuatu yang berguna bagi para pelaku usaha untuk melihat potensi-potensi apa saja yang dimiliki hingga dipertemukan dengan pelaku usaha besar,” tutur Kepala Dinas PMPTSP Provinsi Jawa Barat.

Pendekatan yang masif tersebut ialah sebuah konsep untuk mempertemukan pelaku usaha kecil dengan pelaku usaha besar, program itu adalah SiKerTas atau Sistem Informasi Kerjasama Investasi.

Lebih lanjut program itu adalah sebuah usaha mempertemukan pelaku usaha kecil dengan pelaku usaha besar melalui proses kurasi yang sangat ketat.

“Sebelum mempertemukan pelaku usaha kecil dengan pelaku usaha besar. Kita melakukan persiapan dengan identifikasi usaha besar menengah dan mikro kecil apa saja, kemudian di identifkasi potensi-potensinya hingga layak untuk di pasangkan dan masuk dalam tahap kurasi,” tutur Kepala Dinas PMPTSP Jabar.

Sebelumnya, usaha mempertemukan pelaku usaha kecil dengan besar telah dilakukan. Akan tetapi, proses pertemuan itu tidak berhasil karena terkesan memaksakan. Maka, pada saat ini konsep itu dirubah menjadi win-win solution yang mana para pelaku usaha bertemu dengan saling membutuhkan.

“Kedua belah pihak saling membutuhkan atau win-win solution, Business to Business dan kepuasaan saling membutuhkan bukan karena keterpaksaan,” tuturnya.

“Kita berharap setelah mereka bertemu untuk bisa melakukan kerja sama dalam bentuk kontrak, sehingga dalam kelanjutan nya bisa sustainable. Hingga akhirnya kita melihat perkembangan mereka untuk evaluasi,” sambungnya.

Program SiKerTas diharapkan mampu meningkatkan kualitas UMK yang ada di Jawa Barat secara kualitas dan kuantitas hingga menemukan mitra bisnis yang cocok. Adapun keuntungan bagi para pelaku usaha UMK adalah naik kelas dan bagi pelaku usaha besar adalah membuat iklim bisnis yang berkelanjutan serta meningkatkan peran masyarakat local.

“Harapan nya dengan upaya ini kita berharap ada peningkatan peluang bagi UMK untuk naik kelas dan kompetitif hingga menemukan mitra yang cocok, disisi lain bagi pelaku usaha besar dapat membuat iklim bisnis yang berkelanjutan, kemudian meningkatkan peran masyarakat lokal karena saat ini wajib usaha besar untuk membantu masyarakat lokal, “ tutupnya.


Post Terkait