Beberesih Citarum. '5 Tidak' dan Semangat Gotong- Royong Bersihkan Citarum

 

Tanggal Posting : 06 Jun 2016 10:18 Wib | Dibaca : | Kategori : Berita Umum | Penulis : Admin BPMPT


KABUPATEN BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), bersama Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Hadi Prasojo beserta Wagub Deddy Mizwar dan rombongan menyusuri bantaran Sungai Citepus, anak sungai Citarum, menggunakan perahu karet. Rombongan menyusuri sungai dimulai dari Ds Cangkuang Kec. Dayeuh Kolot Kab. Bandung, hingga finish di Ds Sangkan Hurip, Kec. Katapang, Kab. Bandung, Kamis (02/06/2016).
 
Ini dilakukan dalam rangka pengecekan kesiapan pasukan dalam kegiatan gotong royong antara pemda, TNI, dan masyarakat untuk Beberesih Citarum.
 
"Bantaran sungai Citepus, salah satu dari 7 anak sungai Citarum. Kita berkumpul untuk memulai sebuah kegiatan besar kita. Kegiatan yang sebenarnya sudah kita lakukan sejak lama. Pada tahun 2014 kita telah lakukan 20 km pembersihan pertama, tahun 2015 20 km kedua, dan 2016 20 km ketiga. Namun pada saat yang bersamaan ada sebagian perilaku -perilaku masyarakat kita yang masih mengotori, maka perilaku membersihkan harus kita lebih dominankan lagi," ucap Gubernur Aher.
 
Pada kesempatan itu pula, Aher mengajak masyarakat sekitaran bantaran sungai untuk melakukan program '5 Tidak'. Ada lima 'Tidak', yang perlu dilakukan masyarakat sebagai gerakan memelihara Citarum. Diantaranya:
 
1. Tidak menggunduli hutan (menebang pohon) di hulu sungai Citarum.
2. Tidak membuang limbah ternak ke sungai Citarum.
3. Tidak membuang limbah rumah tangga ke Sungai Citarum.
4. Tidak membuang limbah industri ke sungai Citarum.
5. Tidak membuang sampah apapun ke sungai Citarum.
 
"Kita ingin mencanangkan gerakan Citarum Bestari dengan mengajak masyarakat semuanya, baik masyarakat di hulu, di tengah, di hilir, baik masyarakat industri, masyarakat peternak, rumah tangga. Jangan sampai ada masyarakat yang langsung berhubugan dengan Citarum tidak ada pergerakan sama sekali untuk melestarikan Citarum," ungkap dia.
 
Tak sampai disitu, Aher pun meminta langsung kepada pihak industri khususnya, untuk juga terlibat dalam gerakan Citarum Bestari ini. Karena seperti diketahui, industri merupakan salah satu penyumbang bagi tercemarnya sungai Citarum.
 
"Insya Allah personel TNI, Relawan sangat banyak. Saya minta industri secara khusus di bantaran sungai citarum dimanapun mereka berada disepanjang bantaran, terlibatlah kalian semuanya!" Seru Aher.
 

"Hal penting yang harus dilakukan mari kita bersihkan sungai kita ini dari sampah yang terlihat, bersihkan seluruhnya angkat seluruhnya. Mari lakukan sosialisasi kepada masyrakaat seluruhnya. Pada diri, pada tetangga, dan orang lain. Untuk tidak membuang sampah lagi ke sungai," tuturnya.
 
Turun bersama Gubernur tinjau Citarum Danseskoad, Pangdam III Siliwangi, para Asisten Setda Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kepala BPLHD Jawa Barat, Bupati Bandung, Kepala BBWS Citarum, Pejabat yang mewakili Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, para mahasiswa, pelajar, komunitas ecovillage serta masyarakat sekitar.
 
 
HUMAS JABAR 
  slot deposit pulsa 10 ribu


Post Terkait