Program Gerbang Cinta, Usaha Pemprov Minimalisir Kekerasan Pada Anak

 

Tanggal Posting : 16 May 2016 10:14 Wib | Dibaca : | Kategori : Berita Umum | Penulis : Admin BPMPT


BOGOR - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan mengungkapkan ruang yang aman untuk anak-anak makin terbatas, mengakibatkan kekerasan dan penelantaran. Prihatinnya yang menjadi pelaku saat ini bukanlah orang asing tetapi hampir 63 persen adalah keluarga sendiri.

Lanjut Netty, hakikatnya keluarga menjadi tempat untuk perlindungan dan mendapatkan kasih sayang untuk anak-anak. Nyatanya saat ini pengalihan pengasuhan yang mengakibatkan kesalahan pengasuhan, karena masyarakat kita yang praliteral langsung lompat ke era digital.

"Dahsyatnya era kemajuan teknologi yang cukup merusak karakter dan tumbuh kembang anak, sehingga menjadi perenungan kita bersama apakah kita melakukan pengabaian dengan memberikan gadget sebagai alat komunikasi," tegas Netty pada Peluncuran Program Gerbang Cinta dan Rumah Aman dan Nyaman dengan tema "Peran PKK Dalam Membangun Ketahan Keluarga Indonesia di Hotel Bogor ICON Bukit Cimanggu City, Rabu (12/5/16).

Mirisnya, ungkap Netty, jumlah kasus kekerasan pada anak tiap tahunnya semakin meningkat. Oleh karena itu, dengan adanya Program Gerbang Cinta dan Rumah Aman dan Nyaman, dapat membangun  kesadaran dan partisipasi masyarakat dengan deteksi dini, memiliki sensitivitas dan rasa memiliki terhadap anak yang mengalami masalah sosial.



"Maka saya berharap kita harus menjadi orangtua sadar yang mempunyai strategi bagaimana cara mendidik anak dengan kasih sayang. Bukan menjadi orangtua bayar yang mengukur kesuksesan anak dengan materi dan orangtua nyasar yang asal menjadi orangtua tanpa adanya kesiapan," pungkasnya.

Walikota Bogor Bima Arya mengatakan keluarga merupakan sebuah benteng utama yang dapat melindungi anak-anak dari pengaruh negatif. Keluarga juga dapat  mengantarkan anak-anak menjadi calon pemimpin yang tangguh. Dengan adanya peluncuran Gerbang Cinta dan Rumah Aman dan Nyaman dapat menjadikan keluarga di Kota Bogor yang sakinah mawaddah dan sejahtera.

Peluncuran Program Gerbang Cinta dan Rumah Aman dan Nyaman dihadiri oleh Wakil Walikota Usmar Hariman, Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Bima Arya, Wakil Ketua TP PKK Kota Bogor, Kepala OPD lingkup Kota Bogor, narasumber Eli Risma dan Ketua TP PKK kecamatan dan kelurahan di Kota Bogor.



HUMAS JABAR 
 


Post Terkait