Indonesia Menjadi Negara Pertama di Asia Tenggara yang Memiliki Pabrik Industri Baterai

 

Tanggal Posting : 15 Sep 2021 13:21 Wib | Dibaca : | Kategori : Berita Umum | Penulis : Humas


DPMPTSP- Terhitung sejak tanggal 15 September 2021, Indonesia memiliki Pabrik Industri Baterai. Hal tersebut langsung disaksikan dan diresmikan oleh Presiden Jokowi di Karawang, Jawa Barat.

Presiden Jokowi meresmikan groundbreaking Pabrik Industri Kendaraan Listrik PT HKML Baterai Indonesia.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, groundbreaking Pabrik industri Baterai Kendaraan Listrik PT HKML Baterai Indonesia saya nyatakan dimulai," kata Jokowi, Rabu (15/9/2021).

Presiden Jokowi didampingi para Kabinet Indonesia Maju yaitu Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahaladia, Menteri BUMN Erick Thohir.

Selain itu, ada juga Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Karawang dr Cellica Nurrachadiana, Duta Besar Korea untuk Indonesia, Presiden Hyundai Motor Asia Pasific Headquarters, dan CEO PT HKML Baterai Indonesia.

Sementara peserta online seperti Kepala Dinas PMPTSP Provinsi Jawa Barat Noneng Komara Nengsih, S.E, MAP turut hadir dalam meyaksiskan momentum bersejarah ini.

"Kita patut bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia, bahkan yang pertama di Asia Tenggara," kata Jokowi.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahaladia mengemukakan pabrik ini dibangun dengan nilai investasi sebesar US$ 1,1 miliar atau setara Rp 21 triliun.

"2022 Mei paling lambat, Insya Allah sudah produksi. Sudah paten pak. Jadi Insya Allah sudah produksi kita," kata Bahlil. ***

 


Post Terkait