Nilai Investasi di Jabar Meningkat Pesat

 

Tanggal Posting : 15 Feb 2016 03:56 Wib | Dibaca : | Kategori : Berita BPMPT | Penulis : Admin BPMPT


27 Mei 2015 Penulis : Budiyanto

INILAH, Sukabumi - Tahun 2014, nilai investasi di Provinsi Jawa Barat mengalami peningkatan, bahkan menjadi terbesar di Indonesia. Nilai investasi tersebut berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Selama ini wilayah kontribusi terbesar dari realisasi nilai investasi di antaranya berasal dari kawasan industri di Bekasi, Karawang dan Purwakarta. Terlebih lagi nanti jika Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) sudah beroperasi, akan lebih meningkatkan nilai investasi.

"Nilai realisasinya pada 2014 itu mencapai Rp96,3 triliun," kata Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Provinsi Jawa Barat Dadang M Masoem kepada wartawan di sela-sela Focus Group Discussion (FGD) di sebuah hotel Kota Sukabumi, Rabu (27/5/2015).

Untuk tahun ini, lanjut Dadang, pihaknya menargetkan realisasi investasi naik sekitar 15 persen, atau mencapai Rp 115 triliun hingga Rp 120 triliun.

Untuk memujudkannya, BPMPT terus meningkatan pelayanan termasuk memperkuat layanan empat gerai pelayanan perizinan yang berada di Bogor, Cirebon, Garut, dan Purwakarta.

"Empat gerai ini sudah berjalan sejak 2009 lalu. Keberadaannya untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai perizinan. Di samping itu dengan adanya gerai di sejumlah wilayah akan memperpendek jarak pemohon," ujar dia.

Menurut Dadang, penguatan pelayanan perizinan di empat gerai tersebut tidak terlepas dari adanya perubahan kebijakan Undang-Undang Nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah. Pasalnya dalam undang-undang tersebut diatur perubahan beberapa perizinan yang diambil alih oleh pemerintah provinsi.

"Selain empat gerai, juga nantinya ada pelayanan perizinan online yang akan semakin memudahkan pemohon perizinan. Sehingga para investor cukup melakukan pendaftaran dari mana saja yang bisa diakses secara online. Rencananya akan digulirkan Agustus mendatang," katanya. [hus]

  DANASLOT


Post Terkait