Ratusan NIB Terbit di WJF, Dinas PMPTSP Jawa Barat Siap Gelar Gebyar NIB!

 

Tanggal Posting : 03 Sep 2023 16:00 Wib | Dibaca : | Kategori : Berita Umum | Penulis : humas


DPMPTSP- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat telah mengadakan fasilitasi pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi 151 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam West Java Festival (WJF) 2023 di Bandung.

Kepala DPMPTSP Jabar, Nining Yulistiani, mengungkapkan bahwa pada hari pertama, yaitu tanggal 2 September 2023, sebanyak 75 NIB berhasil difasilitasi, dan pada hari kedua, tanggal 3 September 2023, sebanyak 76 NIB lagi diberikan, sehingga totalnya mencapai 151 NIB.

"Fasilitasi NIB bagi UMK di hari pertama pada 2 September 2023 berjumlah 75 NIB, dan hari kedua tanggal 3 September 2023 berjumlah 76 NIB, total sebanyak 151 NIB," kata Kepala DPMPTSP Jabar Nining Yulistiani dalam pesan singkatnya di Bandung, Jabar, Senin.

Langkah ini diambil untuk membantu pelaku usaha di Jawa Barat dalam mendapatkan kepemilikan NIB melalui kegiatan yang bersifat massal yang dilakukan dalam WJF 2023 di Gedung Sate, Kota Bandung. Para pelaku usaha dari berbagai daerah di Jawa Barat telah mengurus NIB di gerai yang telah disediakan dalam acara tersebut.

Nining menjelaskan bahwa tidak hanya pelaku usaha di sekitar Bandung Raya yang datang, tetapi juga dari wilayah lain di Jawa Barat. Ini menunjukkan bahwa informasi mengenai fasilitasi NIB telah tersebar luas.

"Alhamdulillah, yang datang bukan hanya dari sekitar Bandung Raya, tetapi juga dari wilayah lainnya di Jabar, jadi informasi itu sampai juga ke mereka yang sengaja datang ke gerai," kata dia.

Dengan adanya gerai fasilitasi NIB dalam WJF 2023, DPMPTSP Jabar berusaha untuk meningkatkan kepemilikan NIB, sesuai dengan target pemerintah Provinsi untuk memberikan legalitas ini kepada seluruh UMKM di Jawa Barat. Kepemilikan NIB dianggap penting karena itu menjadi legalitas yang diperlukan, dan juga memberikan kemudahan akses ke fasilitas keuangan dan pelatihan bagi pelaku usaha.

Nining juga mencatat bahwa kegiatan serupa akan diadakan untuk pengurusan NIB secara serentak di 27 kabupaten/kota di Jawa Barat pada bulan Oktober 2023. Saat ini, DPMPTSP Jabar telah mencatat lebih dari 1.029.212 pelaku usaha yang telah mendaftarkan kepemilikan NIB.

 


Post Terkait