Efek Positif Investasi, Ridwan Kamil: Membuka Lapangan Kerja Baru!

 

Tanggal Posting : 20 Jul 2023 13:34 Wib | Dibaca : | Kategori : Berita Umum | Penulis : Humas


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa Provinsi Jawa Barat terus mengalami perkembangan yang baik dari berbagai sektor. 

Salah satunya adalah pertumbuhan ekonomi di daerah berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). Jawa Barat mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 5,1 persen.

"Alhamdulilah, sejak saya menjabat hingga sekarang ekonomi di Jawa Barat terus betumbuh," tutur Ridwan Kamil di Cirebon (7/19/23).

Ia menambahkan bahwa pada Tahun 2023, BPS mencatat pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat mencapai 5,1 persen. Dengan adanya pettumbuhan itu tentu berdampak positif pada berbagai sektor, salah satunya penurunan angka kemiskinan. 

Hal ini sesuai dengan visi dan misi pada awal kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil yaitu membuat pusat perekonomian baru di kawasan utara Jawa Barat.

Maka dari itu, Pemprov Jabar membuat Kawasan Segitiga Rebana yang meliputi 7 daerah tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

"Kami berhasil melobi Presiden RI untuk mengeluarkan Perpres Nomor 87 tentang pembangunan Kawasan Rebana dan Jabar Selatan," tuturnya.

Menurutnya dengan adanya Keputusan Presiden, akhirnya diputuskan dukungan pembangunan infrastruktur di Kawasan Rebana dan Jabar Selatan yang nilainya mencapai Rp 250 Triliun.

Selain itu, Kepres tersebut berhasil menarik investasi di Jawa Barat yang pada tahun ini nilainya mencapai Rp 175 triliun. 

Dalam beberapa tahun terakhir nilai investasi di Jawa Barat menduduki peringkat tertinggi dibanding provinsi lainnya di Indonesia.

"Jika setiap investasi Rp 1 Triliun dapat membuka 100 ribu lapangan kerja baru, maka tahun ini terdapat 17,5 juta lapangan kerja baru di Jawa Barat," tuturnya.


Post Terkait