Ridwan Kamil: WJIS Adalah Tradisi Mempromosikan Investasi Jawa Barat

 

Tanggal Posting : 05 Oct 2022 21:00 Wib | Dibaca : | Kategori : Berita Umum | Penulis : Humas


DPMPTSP- Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan bahwa kegiatan West Java Invesment Summit merupakan tempat dan tradisi yang akan terus berlanjut sebagai medium Jawa Barat dalam mempromosikan investasi.

WJIS kali ini bertemakan Green Invesment: Food Security and Reneawble Energy yang menjawab isu global saat ini.

"Ini akan menjadi tradisi seterusnya bahwa untuk mengundang investasi kita harus rajin komunikasi. Bentuk komunikasinya adalah memaparkan apa yang menjadi kekuatan Jawa Barat," katanya di WJIS 2022 di Trans Luxury Hotel, Bandung, Rabu (5/10/2022).
 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa tema WJIS adalah upaya Jawa Barat dalam merespon situasi yang terjadi saat ini sehingga dipilihlah tema Food Security dan Reneawble Energy.

"Presiden sudah mengarahkan ke saya untuk mencari solusi terhadap potensi krisis pangan dan krisis energi. Inilah jawaban Jawa Barat," katanya.

Pihaknya menawarkan kedatangan teknologi dan investasi kapital untuk membangun Jawa Barat di dua sektor yakni ketahanan pangan dan renewable energy. "Total nilai investasi dua sektor ini mencapai Rp59 triliun. Mudah-mudahan Rp59 triliun ini bisa disambut oleh para investor dalam dan luar negeri yang hadir termasuk oleh para duta besar," katanya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Noneng Komara Nengsih mengatakan bahwa pada undangan dan investor dapat melihat serta berdialog langsung dengan para mitra yang menawarkan investasi di sektor Ketahanan Pangan dan Energi Terbarukan.

Noneng mengatakan bahwa WJIS kali ini memberikan gambaran yang lebih luas kepada para calon investor melalui pameran dan pertemuan bisnis yang lebih dekat.

Terhenti dua tahun akibat pandemic Covid-19, Noneng berharap bahwa promosi investasi ini dapat menggaet minat para calon investor untuk berinvestasi di Jawa Barat.

"Kami mempromosikan investment project ready to offer di Jawa Barat. WJIS memperlihatkan kesiapan Jawa Barat dalam menerima investasi di renewable energy," tuturnya.

Sejauh ini Jabar masih menjadi pemuncak realisasi investasi di Indonesia. Pada semester I 2022, nilai investasi ke Jabar mencapai Rp83,5 triliun. WJIS 2022 sendiri merupakan kerja bersama antara Pemprov dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar. WJIS sudah berjalan rutin sejak 2019 lalu. ***

 


Post Terkait