West Java Invesment Summit 2022 Green Invesment: Food Security & Renewable Energy “Securing the New Future”

 

Tanggal Posting : 05 Oct 2022 20:00 Wib | Dibaca : | Kategori : Berita Umum | Penulis : Humas


Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas PMPTSP dan ESDM berkolaborasi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat kembali menggelar event tahunan West Java Investment Summit (WJIS). WJIS tahun 2022 digelar pada tanggal 5-6 Oktober di Trans Convention Center Bandung dengan tema Green Invesment: Food Security & Renewable Energy.

WJIS 2022 melibatkan banyak pihak, diantaranya adalah Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul, Sekretaris Daerah Setiawan Wangsaatmaja, Menteri BKPM/Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Deputi Bank Indonesia Aida S. Budiman.

Turut hadir juga Kepala Perangkat Daerah Dinas PMPTSP Provinsi Jawa Barat Noneng Komara Nengsih, Kepala Perangkat Daerah Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat Ai Saadiyah Dwidaningsih, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto dan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Bedi Budiman.

Tujuan digelarnya event WJIS adalah untuk menaikan nilai Realisasi Investasi di Jawa Barat dengan mempromosikan proyek-proyek investasi yang ada di Jawa Barat. Dengan meningkatnya realisasi investasi, maka dapat dipastikan akan membuka lapangan kerja yang baru dan menekan angka pengangguran masyarakat di Jawa Barat.

Selain itu, WJIS kali ini juga mengambil isu yang disesuaikan dengan agenda Presidensi G20 yaitu ketahanan pangan dan energi terbarukan. Sehingga, WJIS 2022 mengambil tema Green Investment: Food Security & Renewable Energy.

Pada WJIS 2022 terdapat agenda High Level Session, One on One Meeting, Investment Talk, dan Project Presentation yang dapat digunakan oleh calon investor untuk mendiskusikan proyek investasi dengan pemilik proyek.

WJIS kali ini diikuti oleh Investor Asing dan Domestik, Kedutaan Besar Republik Indonesia, Pusat Promosi Investasi Indonesia, Pusat Promosi Perdagangan Indonesia, Kantor Cabang Bank Indonesia di Luar Negeri Sister Province, Investment Advisors, & Investment Banks.

Pemerintah Provinsi Jabar bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat menawarkan investasi puluhan proyek senilai Rp 59,6 Triliun di West Java Investment Summit (WJIS) 2022 yang akan digelar pada tanggal 5-6 Oktober 2022.

Total keseluruhan proyek yang ditawarkan pada WJIS 2022 ada sebanyak 35 proyek investasi yang meliputi 11 proyek Food Security, 20 proyek Renewable Energy dan 4 proyek infrastruktur pemerintah.

Tiga belas proyek investasi tersebut, di antaranya proyek pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) atau angin, pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP), pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), hingga stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) dan lainnya.

Sementara Food Security diantaranya adalah Subang Sugar Factory, Sukamandi Food Estate, UHT Fresh Milk, Smart Green House for Horticulture dan lainnya.

Nilai investasi proyek Food Security Rp 4,9 Triliun, Renewable Energy Rp 25,7 Triliun dan proyek Infrastruktur pemerintah senilai Rp 29 Triliun sehingga total dari keseluruhan proyek Rp 59,62 Triliun. Sementara itu Realisasi Investasi Provinsi Jawa Barat pada semester 1 mencapai Rp. 83,5 Triliun.


Post Terkait