Survey Kepuasan Masyarakat Triwulan 1 Dinas PMPTSP Jawa Barat

 

Tanggal Posting : 19 Apr 2021 14:47 Wib | Dibaca : | Kategori : Berita Umum | Penulis : Humas


DPMPTSP- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat telah mengeluarkan hasil Survey Kepuasaan Masyarakat (SKM) pada Triwulan pertama tahun 2021.

Kepala Bidang Data dan Informasi, Dr.Dra. Nuke Siti Nurhuda, M.Si mengatakan bahwa pengukuran SKM sangat penting agar bisa mendapatkan Invest Award dari Badan Koordinasi Penanaman Modal RI (BKPM).

“Pengukuran SKM sangat penting,  dua tahun sekali selalu di ukur untuk invest award dari BKPM,” tuturnya.

Nuke mengatakan bahwa hasil pelaksanaan SKM in imenjadi bahan evaluasi bersama terutama dengan bidang-bidang pelayanan publik agar mampu meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Pada 19 April 2021, Dinas PMPTSP Provinsi Jabar melakukan Rapat Pembahasan Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Triwulan 1 Tahun 2021 secara virtual.

SKM sendiri merupakan upaya Dinas PMPTSP Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Hal tersebut juga tertuang dalam Permenpan No. 14 Tahun 2017.

Survey Kepuasan Masyarakat dilakukan kepada pengguna layanan antara Triwulan dari mulai 01 Januari hingga 30 Maret 2021.

Beberapa indikator SKM yang telah disusun oleh Dr. Hendra Sandhi Firmansyah, M.T, C.PM, dan Zaky M Faz, S.Kom setidaknya memiliki sepuluh poin, yaitu:

  1. Kesesuaian persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanan
  2. Kemudahan prosedur pelayanan di DPMPTSP Provinsi Jabar
  3. Kecepatan waktu dalam memberikan pelayanan
  4. Kewajaran biaya atau tarif dalam pelayanan
  5. Kesesuaian produk pelayanan antara yang tercantum dengan hasil yang diberikan
  6. Kompetensi/kemampuan petugas pelayanan
  7. Prilaku petugas dalam pelayanan terkait kesopanan dan keramahtamahan
  8. Kualitas sarana dan prasana
  9. Penanganan pengaduan pengguna pelayanan
  10. Kemudahan penggunaan dan efektifitas aplikasi simpatik

 

Dalam Rapat Pembahasan Hasil Survey Kepuasaan Masyarakat, Dinas PMPTSP Jabar pada Triwulan 1 Tahun 2021 mendapatkan nilai persepsi layanan Baik dengan perolehan angka 84,57.

Kinerja Pelayanan Publik yang dilakukan di Dinas PMPTSP Provinsi Jabar terdefinisi Baik, hal ini dikarenakan hasil penilaian SKM dengan angka 84,57.

Selain itu, pengukuran berkala yang dilakukan Dinas PMPTSP Jabar untuk Triwulan 1 tahun 2021 cenderung menurun jika dibandingkan dengan hasil pada tahun 2020. Akan tetapi, jika dibandingkan secara serial mengalami kenaikan.

Hal itu juga merupakan perbandingan antara Triwulan 4 tahun meskipun secara umum kondisi layanan Dinas PMPTSP Jabar masih Baik. ***


Post Terkait